Home » , , » Asam Jawa dan khasiatnya

Asam Jawa dan khasiatnya



asam-jawa
Asam jawa yang bernama ilmiah Tamarindus indica adalah sebuah tanaman daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohon asam yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Pohon asam bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap, dan bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dan tentu saja berasa khas asam. Biasanya didalam buah polong buah juga terdapat biji berkisar 2 – 5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.


Tumbuhan ini mempunyai beberapa sebutan local yakni: Tamarind (Inggris), Tamarinier (Perancis),; Asam Jawa (Indonesia), Celangi, Tangkal asem (Sunda); Asem (Jawa).
Selain dikenal sebagai penambah rasa asam pada sayur masakan dan juga permen asem, tumbuhan ini juga berkhasiat sebagai obat traditional untuk penyakit: Asma, Batuk, Demam, Sakit panas, Reumatik, Sakit perut, morbili; Alergi/biduren, Sariawan, Luka baru, Luka borok, Eksim, Bisul; Bengkak disengat lipan / lebah, Gigitan ular bisa, Rambut rontok. Woooowww banyak juga yach manfaatnya dari tumbuhan asam jawa, gimana cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut:
  • Asam Jawa untuk obat Asma. Bahan: 2 potong kulit pohonnya dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuat ramuan: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
  • Sebagai obat Batuk Kering. Cara pemanfaatan adalah: Bahan diperlukan 3 polong buah asam, ½ genggam daun saga. Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Sebagai obat Demam. Bahan: 1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan ½ liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Adapun Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Sebagai Obat Sakit Panas. Bahan: 2 polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum biasa. Catatan: bagi ibu hamil tidak boleh minum resep ini.
  • Untuk obat Reumatik. Bahan: 1 genggam daun asam, 2-3 biji asam (klungsu = jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara menggunakan: dipakai untuk kompres bagian yang sakit.
  • Untuk Sakit perut. Bahan: 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut dicampur sampai merata. Cara menggunakan: digunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut. Bahan lain: Bahan: 3 polong buah asam, 1 potong gula aren. Cara membuat: kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.
  • Untuk obat Alergi/Biduren (Jawa). Bahan: 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, ¼ sendok kapur sirih. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Asam Jawa untuk obat Sariawan. Bahan: 2 polong buah asam, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum biasa.
  • Sebagai obat Luka baru. Bahan: daun asam secukupnya. Cara membuat: daun asam jawa dikunyah sampai lumat. Cara menggunakan: ditempelkan pada luka.
  • Asam Jawa untuk Luka borok. Bahan: beberapa biji asam (klungsu = jawa). Cara membuat: biji asam jawa ditumbuk halus. Cara menggunakan: ditempelkan pada luka, kemudian diperban.
  • Untuk obat Eksim dan Bisul. Bahan: 1 genggam daun asam jawa yang masih muda (sinom = jawa), 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit.
  • Asam Jawa untuk obat Bengkak karena disengat lipan atau lebah. Bahan: 3 – 5 biji asam dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuat: biji asam jawa ditumbuk halus. Cara menggunakan: bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.
Dikutip dari activeboard.com/forum.spark?forumID=119659&p=3&topicID=16139006.
Subhanallah.. Banyak kan khasiat asam jawa?
Sumber : Tijani