Daun Salam dan kegunaannya


http://koran.republika.co.id/images/news/2008/12/20081230161046.jpg
Daun Salam begitu erat melekat dalam kehidupan sehari hari masyarakat nusantara, karena daun ini merupakan salah satu rempah yang digunakan dalam masakan dan obat tradisional. Tumbuhan ini dikenal dengan beberapa nama, misalkan meselangan, samak, ubar serai, , kelat samak,manting, serah, Indonesian bay leaf, Indonesian laurel, dan secara ilmiah disebut dengan nama Syzygium polyanthum.
Namanya aja daun salam, tentunya dihasilkan dari Pohon Salam. Pohon ini berukuran sedang besarnya, tetapi bisa mencapai setinggi 30 m. Kulit pohon berwarna coklat ke abu abuan dan kulit agak bersisik.

Kegunaan Daun Salam

Daun salam banyak digunakan sebagai rempah pengharum masakan dibeberapa Negara asia tenggara, untuk memasak daging, ikan, sayur mayor dan juga nasi. Daunsalam dicampurkan secara utuh, baik kering maupun segar, dan ikut dimasak bersama makanan hingga matang. Daun ini memberikan aroma herba yang khas tapi tidak keras. Biasanya kerap dipasangkan dengan lengkuas.
Pohon salam mempunyai khasiat untuk kesehatan manusia atau obat tradisional, dimana bagian pohon yang bisa dimanfaatkan adalah daun, kulit batang, akar dan buah. Dimana pada daun salam kering terkandung sekitar 0,17% minyak esensial (minyak atsiri, tannin, flavonoida).
Daun salam berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.
Penulis sendiri sudah merasakan sendiri khasiat daun salam untuk asam urat. Pada saat itu hasil lab darah menunjukkan bahwa kadar asam urat sudah melebihi ambang batas normal, kemudian 3 hari berturut minum air rebusan daun salam dipagi dan sore harinya. Hari keempat kemudian test darah lagi, dan hasilnya sangat manjur kadar asam urat turun drastis berada di range ¾ normal.
Untuk mengatasi asam urat dengan menggunakan daun salam caranya sangat sederhana. Ambil kira kira 10~15 daun salam. Kemudian rebus dengan menggunakan air kira kira 700cc hingga mendidih dan tersisa air kira kira 200cc. Minum airnya selagi hangat. Rasa seduhan air salam adalah agak agak manis dengan aroma khas salam.
Khasiat daun salam yang lain (stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain), bisa anda baca di buku Tumbuhan Berkhasiat Obat karya Prof Hembing Wijayakusuma

Budidaya pohon salam

Tumbuhan salam menyebar dihampir semua asia tenggara. Pohon ini sering kita jumpai liar dihutan dan kebun kita. Cara menanamnya adalah sangat mudah, bisa dari biji, cangkok, atau setek. Setelah tumbuh, pohon ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Cukup sesekali dipupuk dan disiram air.
Selamat menanam dan anda akan merasakan sendiri manfaat dan khasiat daun salam
Sumber : Tijani