Membuat Pupuk Cair Perangsang Tumbuh dan Berbuah


Selain membuat Pupuk Cair dari Sabut Kelapa, Haji Ali Mugni (65) juga membuat pupuk cair yang berfungsi merangsang tumbuh dan berbuah. Mugni menggunakan buah-buahan sebagai bahan dasar pupuk perangsang tumbuh dan berbuahnya.
Berikut ini cara membuat pupuk cair perangsang tumbuh dan berbuah ala Haji Ali Mugni:

Bahan
-satu buah mangga

-satu buah pepaya -0,4 kg tomat
-dua buah pisang ambon

-satu buah nenas
-satu liter air



Cara
1. Semua bahan ditumbuk sampai halus, kemudian ditambahkan air dan diaduk

2. Campuran cair itu kemudian diperas. Cairan perasan ditampung ke dalam jerigen yang telah dibersihkan. Wadah kemudian ditutup rapat.

3. Diamkan cairan ramuan dalam jerigen selama seminggu

4. Setelah ramuan itu mengeluarkan aroma tape maka ramuan itu sudah jadi dan siap digunakan Cara penggunaan
-Setelah pupuk cair terbuat dari buah-buahan sudah bisa digunakan. Caranya pupuk cair itu disemprotkan ke tanaman.

-Pupuk cair ini bisa diberikan pada tanaman pada saat tanaman kurang lebih 25 hari setelah tanam untuk merangsang pertumbuhan padi.
-Tanaman bisa disemprot lagi ketika memasuki masa berbuah atau meretak untuk merangsang pembuahan.

Mugni bercerita tanaman padinya yang disemprot pupuk cair itu berhasil baik. Padinya menjadi tumbuh subur, bulir padat berisi, dan malai tumbuh memanjang. Mugni menilai pupuk cair ciptaannya itu sama dengan pupuk ZPT buatan pabrik.

Mugni berharap kepada petani lain untuk meninggalkan pupuk dan pestisida. Dulu petani mampu menghasilkan 8-10 ton gabah per hektar dengan biasa produksi rendah. Sekarang untuk lahan dengan luasan yang sama biaya prduksi hanya 4 ton gabah.
(Sumber dari buku: “Angin di Hamparan Karawang,” oleh Ratam S, Solihin T, A Agus, Eno Mayono, dan Hery Prasetiyo, diterbitkan oleh Forum Petani Karawang dan Nastari)