TANAMAN POTENSIAL PENYERAP POLUTAN

info wong tani - hanjuang merah
info wong tani - kembang sepatu

Lingkungan yang bersih dengan udara yang segar adalah dambaan setiap orang. Kondisi perkotaan di Indonesia kini semakin jauh dengan udara segar karena polusi yang semakin meningkat. Polusi yang ada di lingkungan sekitar berasal dari hembusan asap pabrik, kendaraan bermotor, penggunaan bahan kimia yang berlebihan dan pembuangan sampah yang tidak teratur. Adapun jenis dan bahaya polutan bagi kehidupan manusia antara lain, Karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida (NO2), Sulfur dioksida (SO2), Logam berat, Benzena, Formaldehid, Trichloroetilen, dan Xylen.

               Kondisi perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi itulah yang akhirnya menimbulkan beberapa program-program seperti “Green and Clean”, Cinta/Peduli Lingkungan, Gerakan Tanam Pohon dan beberapa program penghijauan lainnya. Program tersebut bertujuan untuk mengembalikan kota yang berpolusi menjadi kota yang bersih, asri dan indah serta nyaman untuk kesehatan masyarakat sekitar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menanam tanaman penyerap polutan sebagai tanaman median jalan, tanaman pembatas antara jalan dengan pagar rumah dan lain-lain. Hal ini dapat meredam kebisingan, menyerap polutan secara alami, dan memerangi sick building syndrome (gejala penyakit yang banyak menyerang masyarakat perkotaan yang berada dalam lingkungan dengan banyak gedung dan kurang lahan terbuka).
               Adapun tanaman hias yang potensial sebagai penyerap polutan diantaranya dari kelompok tanaman perdu yaitu Azalea putih , Bogenvil merah, Dracaena, Hanjuang, Kedondong Cina, Kembang Sepatu, Palem Bambu, Palem Kuning, Puring dan Soka. Kelompok T anaman Epifit diantaranya ada Anggrek Bulan dan Anggrek Dendrobium. Kelompok Tanaman Semak diantaranya Bromelia, Heliconia Merah, Kaktus , Lili, Lolipop Merah, Marantha, Pakis Kelabang, Pedang-pedangan, Philodendron, Sirih Gading, Sri Rejeki , Suplir dan Syngonium. Kelompok Tanaman Ground Cover bisa menggunakan lili Paris, sedangkan Kelompok Tanaman Air, Eceng gondok ternyata mampu menyerap polutan dengan baik. Menggunakan tanaman tersebut diatas sebagai tanaman hias di rumah ataupun dikantor akan sangat mendukung lingkungan kita menjadi “Go Green”!

Sumber :
Buku seri tanaman hias potensial penyerap polutan - kementan - dirjen hortikultura 2012

Tidak ada komentar: