Home » , » Karakteristik tanaman Media Hidrogel

Karakteristik tanaman Media Hidrogel


Karakteristik tanaman

Tanaman yang akan ditanam dalam hydrogel harus mempunyai karakteristik sebagai berikut:

- Tahan genangan (kadar air berlebih)

- Tahan kelembaban tinggi


- Tanaman indoor (yang dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung), serta umumnya tidak berkayu dan tidak berbunga.

Jika Anda telah mendapatkan keasyikan menanam dengan cara ini tentu anda akan terus mencoba dengan berbagai jenis tanaman lain yang sesuai.

Pembungaan membutuhkan cahaya yang besar, sedangkan cahaya yang demikian akan membuat hydrogel berlumut. Tanaman seperti kaktus, mawar, anggrek, beringin, kenanga, melati, palem, tidak dapat ditanam dalam hydrogel. Tanaman seperti teratai, eceng gondok, dan yang sejenis, juga tidak cocok ditanam dengan hydrogel karena membutuhkan supply air yang sangat tinggi dan butuh cahaya matahari langsung.

Jenis-jenis tanaman yang sampai saat ini bisa ditanam dalam hydrogel, adalah: Aglaonema sp, Anthurium sp (berbagai jenis kuping gajah), Diffenbachia sp, Philodendron sp, Dracaena sp (bambu china, bambu jepang), Scidapsus sp (sirih belanda), Syngonium sp, Spathiphyllum sp, Cyperus sp (rumput payung), Cordyline sp (berbagai jenis hanjuang), Monsteradeciliosa (Philodendron berdaun belah), rumput hias (berwarna hijau dengan garis putih di sisi daun dan ber-umbi), bambu rejeki, sansiviera, sirih hias, sri rejeki, serta tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung.