Home » , , , , » 8 Langkah mudah memulai taman sayuran Anda

8 Langkah mudah memulai taman sayuran Anda

Taman Sayur : infone wong tani

Sebuah tren baru terutama di kota besar seperti Jakarta dan Bali dimana orang mulai tertarik untuk membuat sebuah taman sayuran. Selain sebagai wujud dari gaya hidup Go Green, menanam sendiri sayuran di halaman rumah tentunya juga akan menghemat pengeluaran belanja setiap bulannya. Seperti yang baru saja terjadi dimana tiba -tiba harga cabai melonjak tajam, hal ini tentunya akan membuat ibu -ibu rumah tangga kebingungan.



Untuk memulai sebuah taman sayuran di lingkungan tempat tinggal Anda, ada sedikitnya 8 langkah yang harus Anda ketahui sehingga keinginan memiliki sebuah area hijau di hunian Anda dapat berhasil.

1. Pilihlah area yang tepat untuk taman Anda, dalam memilih area yang tepat ada 3 faktor utama yang layak Anda pertimbangkan yaitu,

a. Sinar matahari

Sebagian besar jenis tanaman termasuk sayuran akan tumbuh subur ketika mendapatkan sinar matahari yang mencukupi. Pilihlah area yang terkena jangkauan sinar matahari setidaknya 6 jam sehari.

b. Tanah

Jenis tanah yang baik untuk menanam sayuran adalah tanah yang berwarna gelap, kaya akan nutrisi serta memiliki saluran drainase yang bagus sehingga tingkat kelembaban pada tanah akan terjaga. Jangan menanam taman sayuran Anda dekat dengan pohon dan semak – semak karena akar – akarnya akan berebut nutrisi dan air dengan taman Anda.

c. Air

Pilihlah area untuk sayuran Anda dekat dengan lokasi sumber air.

2. Buatlah sebuah perencanaan yang matang sebelum memutuskan membeli bibit sayuran. Dengan perencanaan yang matang akan memudahkan Anda menghitung berapa banyak jenis tanaman sayuran yang dapat ditanam sesuai dengan area yang tersedia.

3. Pastikan bahwa bibit tanaman yang Anda dapatkan memiliki kualitas yang baik sehingga akan tumbuh subur. Belilah bibit yang muda, tidak lemas atau terlalu padat berada di dalam pot.

4. Siapkan tanah untuk penanaman di area rumah Anda. Ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk sebuah taman yang sukses. Untuk mempersiapkan tanah, tambahkan lapisan kompos atau pupuk di atas tanah.

5. Menabur benih tanaman Anda. Jika beberapa sayuran Anda akan ditanam dari biji, tanamlah mereka terlebih dahulu. Kadang-kadang biji lebih bagus tumbuh ketika diletakkan pada media dulu sebelum langsung ditanam ke tanah.

6. Mulailah penanaman sayuran pada tanah yang telah disiapkan. Sebaiknya Anda mengikuti petunjuk dari penjual bibit tanaman tempat Anda membelinya.

7. Perawatan yang teratur agar tanaman tumbuh baik. Setelah sayuran Anda semua ditanam, Anda perlu melakukan perawatan seperti penyiraman, penyiangan, pemangkasan, dan melindungi dari serangga.

8. Saat memanen taman Anda. Jenis sayuran yang berbeda dipanen pada waktu yang berbeda.

0 comments: