Home » , , » Ajari anak Anda berkebun yang menyenangkan di taman belakang rumah

Ajari anak Anda berkebun yang menyenangkan di taman belakang rumah


Cara menghargai dan merawat alam tidaklah cukup hanya diajarkan melalui teori, ada kalanya sebuah pelajaran beraktivitas juga akan sangat berguna untuk anak Anda. Masih banyak orang yang saat ini kurang menghargai alam dan tidak benar- benar menyediakan waktu luangnya sekadar merawat apalagi mengajari anak mereka untuk berkebun. Kenyataan ini merupakan satu hal yang menyedihkan. Padahal jika disadari, berkebun dapat menjadi liburan dan hobi tersendiri yang menyenangkan untuk Anda sekeluarga, disamping ikut menjaga alam dengan membentuk taman yang indah di halaman belakang rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat aktivitas berkebun yang sangat cocok dilakukan bersama anak-anak Anda tercinta :


1.Relaksasi

Hasil survey sebuah universitas di Eropa menunjukkan bahwa kegiatan berkebun dapat mengurangi stres karena menimbulkan efek relaksasi. Dan ini berlaku untuk semua kelompok umur. Selain sebagai relaksasi dapat juga membantu menjaga kesehatan panca indera Anda terutama mata. Percaya atau tidak, aktivitas berkebun dapat juga digunakan sebagai terapi untuk anak-anak yang berasal dari keluarga berantakan karena akan membantu membangun rasa percaya diri seseorang.

2.Waktu berkualitas dengan keluarga

Anda bisa lupa tentang pekerjaan serta stres Anda untuk sementara waktu dan ditenangkan oleh suasana indah di kebun. Anda dapat bermain dan menghabiskan waktu bersama anak – anak Anda. Anda dapat ngobrol sambil menyiram tanaman atau Anda dapat bekerja dengan tenang di dekat anak-anak Anda. Intinya adalah, selalu lakukan apa yang harus Anda kerjakan, bersama – sama dengan anak – anak Anda.Anda mungkin akan menemukan banyak hal baru tentang anak Anda saat berinteraksi dengan mereka di tempat ini.

3.Ilmu pengetahuan

Dengan aktivitas berkebun, anak – anak secara tidak langsung diajarkan keajaiban ilmu pengetahuan seperti siklus hidup tanaman dan bagaimana intervensi manusia dapat merusak atau membentuk sebuah lingkungan di sekitarnya. Mereka dapat memiliki pengalaman yang sangat berharga ketika belajar menanam benih - benih tanaman. Pengalaman baru tentunya akan membuat anak- anak Anda merasa senang.

4.Kehidupan

Mengamati benih tumbuh menjadi pohon sama seperti belajar dan mengagumi bagaimana manusia lahir dan tumbuh menjadi seorang anak kecil. Dengan menanamkan sejak dini pada anak-anak Anda tentang berkebun maka secara tidak langsung Anda pun mengajarkan pada mereka bagaimana mencintai dan menjaga lingkungan mereka kelak. Berkebun dapat membantu mensimulasikan bagaimana lingkungan hidup harus diperlakukan yaitu harus dengan lembut penuh kasih sayang.

Biarkan anak – anak Anda belajar mengenali lingkungan mereka sejak dini, sementara Anda sebagai orang tuanya pun dapat belajar mengenali karakter anak - anak Anda lebih dekat terutama ketika berinteraksi bersama mereka di taman belakang rumah Anda ini. Ternyata liburan yang menyenangkan dan berkualitas, tidak selalu harus memerlukan biaya yang besar dan jarak yang jauh kan? Cukup ada di halaman belakang tempat tinggal Anda.

sumber : http://iderumah.com

0 comments: